14 Aplikasi Penguat Sinyal WiFi Jarak Jauh di Android

bprnusamba-tanjungsari.co.id – Sudah menggunakan WiFi di rumah tapi masih suka lemot? Maka Anda bisa coba memasang aplikasi penguat sinyal WiFi nih. Berbagai kegiatan di era digital seperti sekarang memang tidak bisa lepas dari yang namanya gadget dan koneksi internet ya.

Karena itu, sudah bukan hal yang mewah lagi jika saat ini hampir setiap kantor dan rumah memiliki WiFi. Tapi sayangnya, router WiFi memiliki batasan jarak dalam menyebar sinyalnya, terutama jika terhalang oleh benda padat seperti tembok.

Daftar Aplikasi Penguat Sinyal WiFi

Salah satu solusi termudah agar sinyal WiFi bisa menyebar dengan cukup rata di dalam rumah bahkan ketika terhalang tembok adalah dengan memasang aplikasi penguat sinyal. Aplikasi sejenis ini bisa dengan mudah Anda temukan di Google Play dan App Store atau bahkan di website pihak ketiga yang aman.

Kebanyakan dari aplikasi ini tersedia gratis tapi ada juga yang berbayar. Jika belum menemukan atau bahkan sama sekali belum tahu apa saja nama-nama dari aplikasi ini, Anda bisa cek daftar berikut:

1. Network Master

Network-Master

Aplikasi ini dikembangkan oleh sebuah perusahaan Hongkong yang bernama Lionmobi Holding Limited. Jika tertatik untuk mendownload, Anda bisa buka halaman ini.

Meskipun tidak tersedia di Google Play dan App Store, namun aplikasi ini sudah terbukti aman alias tidak mengandung virus dan malware. Lebih dari 10 juta orang sudah mencobanya dan rata-rata memberikan review yang positif.

Selain bisa membantu memperkuat sinyal WiFi di rumah, aplikasi ini juga bisa menguji kecepatan dari WiFi Anda lho, sekaligus memberikan daftar jumlah dan nama perangkat yang ikut terhubung ke WiFi Anda.

Jadi jika ada perangkat asing yang bukan milik anggota keluarga di rumah, Anda bisa langsung mengetahuinya dan segera mengganti password WiFi agar perangkat tersebut tidak bisa ikut menggunakan WiFi Anda lagi.

Selain itu, ada juga fitur bernama WiFi Expert, yang berfungsi untuk mengoptimalkan jaringan WiFi dengan cara mendeteksi kemudian menghentikan aplikasi apa pun yang berjalan di latar belakang gadget Anda.

Network Master termasuk aplikasi yang penuh dengan fitur menarik tapi sayangnya hanya bisa di install ke smartphone berbasis Android. Sebagai bonus tambahan, aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang user friendly sehingga cocok untuk pengguna pemula.

2. WiFi Analyzer

WiFi-Analyzer

WiFi Analyzer adalah aplikasi penguat WiFi lain khusus untuk ponsel Android, yang juga dapat Anda gunakan untuk menemukan jaringan WiFi tanpa password yang sinyalnya paling kuat di sekitar Anda.

Jadi misalnya Anda sedang di tempat umum dan membutuhkan WiFi, maka hanya dengan sekali klik, aplikasi akan merekomendasikan jaringan WiFi dengan sinyal terbagus yang bisa konek ke smartphone Anda.

Aplikasi ini kompatibel dengan Android 6 atau yang lebih baru, dan yang paling penting adalah bisa di download dari Play Storesecara gratis. Meskipun tidak menawarkan banyak fitur, WiFi Analyzer termasuk aplikasi dengan antarmuka yang sederhana sehingga bisa digunakan dengan nyaman.

3. WiFi Master Key

WiFi-Master-Key

Aplikasi dengan rating 4.4 di Google Play Store ini tersedia dalam 19 pilihan bahasa dan salah satunya adalah Bahasa Indonesia. Sedangkan developernya sendiri adalah sebuah perusahaan asal Singapura yang bernama Linksure Network Holding PTE. Limited.

Salah satu kelebihan aplikasi ini adalah sudah dienkripsi, sehingga sangat aman untuk digunakan karena melindungi privasi dari para pengguna, jadi password WiFi atau hal lain apapun yang bersifat pribadi di smartphone Anda tidak akan disimpan oleh server aplikasi.

Tapi di sisi lain, aplikasi ini tidak bisa digunakan untuk membobol WiFi lain yang menggunakan password, jadi hanya bisa mendeteksi jaringan WiFi yang tanpa password. Anda juga bisa menjadikannya sebagai aplikasi penguat sinyal WiFi di rumah hanya dengan satu kali klik. Klik di sini jika ingin mendownloadnya.

4. WiFi Manager – WiFi Network Analyzer & Speed Test

WiFi-Manager-WiFi-Network-Analyzer-Speed-Test

Sama seperti Network Master, aplikasi WiFi Manager juga bisa mendeteksi siapa saja orang yang sedang menggunakan WiFi Anda, sehingga secara tidak langsung bisa membantu melindungi keamanan WiFi di rumah.

Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur scan yang dalam sekali klik akan langsung menampilkan daftar nama dan jumlah perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi Anda. Selanjutnya Anda bisa menandainya sebagai perangkat yang dikenal atau asing / tidak dikenal jika ingin memblokirnya dari router WiFi Anda.

Fitur lainnya adalah tes kecepatan yang hasilnya cukup akurat dan real time, membantu mengoptimalkan kecepatan WiFi, serta Anda dapat dengan mudah mengakses halaman admin dan membuat perubahan pada pengaturan router WiFi.

Sedangkan untuk penggunaan di luar rumah, aplikasi ini bisa menunjukkan jaringan WiFi di sekitar dan membantu menemukan WiFI yang tidak terlalu ramai untuk Anda gunakan. Jika tertarik mencoba, Anda bisa temukan aplikasi ini dari Google Play atau langsung klik di sini.

5. WiFi Analyzer (Windows 10)

WiFi-Analyzer-Windows-10

Khusus untuk Anda yang menggunakan laptop dengan OS Windows 10, Anda bisa coba gunakan WiFi Analyzer dengan mendownloadnya dari Microsoft Store atau langsung klik di sini.

Sama seperti empat aplikasi sebelumnya, WiFi Analyzer adalah utilitas sederhana yang bisa mendeteksi jaringan WiFi terdekat dengan cepat yang tidak menggunakan password.

Aplikasi ini juga berfungsi dengan baik untuk memperkuat sinyal WiFi sehingga Anda bisa tetap konek ke WiFi di ruang manapun di rumah Anda.

Versi dasar dari aplikasi ini tersedia gratis dan tanpa iklan, tapi ada beberapa fitur tambahan yang hanya bisa digunakan setelah Anda melakukan pembelian dalam aplikasi, misalnya fitur ubah batas kekuatan sinyal.

6. Acrylic Wi-Fi Home

Acrylic-Wi-Fi-Home

Acrylic Wi-Fi Home membantu mengoptimalkan sinyal WiFi dengan cara mengidentifikasi titik akses dan perangkat nirkabel lokal yang kemudian akan ditampilkan dalam tabel yang mencantumkan rincian seperti SSID, MAC, RSSI, saluran, rincian keamanan (WEP/ WPA/ WPA2/ WPS), dan data perangkat.

Acrylic WiFi Home juga mendukung mode desktop sehingga dapat mengekstrak informasi tentang perangkat yang berinteraksi dengan jaringan WiFi Anda. Aplikasi ini kompatibel dengan Windows 7, Windows 8.1, Windows 10, Windows 8, dan Vista. Sejumlah fitur utama lain dari aplikasi ini meliputi:

  • Access points: informasi jaringan WiFi dan pengguna yang terhubung.
  • Channels: pemindai saluran WiFi dan jaringan WiFi melalui saluran dalam 2.4 GHz dan 5 GHz.
  • Kata sandi: merekomendasikan kata sandi WiFi dan kunci WPS yang aman dan kuat.
  • Keamanan: otentikasi jaringan dan detail keamanan untuk jaringan WiFi WEP, WPA, WPA2 dan Enterprise (802.1X).
  • Level sinyal: menampilkan grafik kualitas sinyal untuk jaringan WiFi dan perangkat yang terdeteksi menggunakannya.
  • Inventaris: memberi nama perangkat Wi-Fi yang dikenal.

Secara keseluruhan, Acrylic Wi-Fi Home adalah aplikasi penguat sinyal WiFi yang andal dan menyediakan pemantauan jaringan nirkabel mendalam.

Meskipun antarmukanya tidak termasuk ramah pengguna, namun aplikasi ini berkinerja cukup baik dan mampu memberikan informasi tentang semua perangkat nirkabel aktif di sekitar Anda, aktivitas paket, dan siapa saja yang terhubung ke jaringan nirkabel Anda. Anda bisa download aplikasinya di halaman ini.

7. Network Signal Speed Booster

Network-Signal-Speed-Booster

Dikembangkan oleh MCStealth Apps, aplikasi ini diciptakan untuk membuat hidup Anda lebih mudah saat menggunakan WiFi di rumah dengan mendapatkan tingkat sinyal terbaik. Seperti namanya, aplikasi ini dapat membantu meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di smartphone Android Anda.

Dibanding sejumlah aplikasi sejenis lainnya, Network Signal Speed Booster termasuk mudah digunakan karena Anda hampir tidak perlu melakukan apa pun.

Anda hanya perlu mendownload aplikasinya dari Google Play (atau langsung klik di sini), kemudian buka aplikasinya dan klik tombol “Tap to boost”.

Setelahnya, kualitas internet Anda akan meningkat secara signifikan sehingga dimanapun Anda berada di area rumah Anda, sinyal WiFi Anda akan tetap stabil. Secara keseluruhan, aplikasi ini sederhana untuk digunakan tapi merupakan salah satu software terbaik yang juga gratis, sehingga patut untuk dicoba.

8. Opensignal

Opensignal

Aplikasi penguat sinyal WiFi ini gratis dan memiliki peringkat yang bagus di Google Play yaitu 4.2 bintang. Mirip seperti sejumlah aplikasi dalam daftar sebelumnya, Opensignal memungkinkan Anda untuk mengevaluasi kualitas sinyal Wi-Fi dan semua perangkat yang terhubung dengannya.

Aplikasi ini menampilkan informasi dalam bentuk grafik yang mudah dibaca di gadget seluler. Alat ini juga berguna dalam mengidentifikasi tempat-tempat di rumah Anda yang memiliki jangkauan sinyal WiFi terbaik.

Antarmuka aplikasi ini termasuk ringkas dan sangat mudah digunakan, serta intuitif untuk berbagai tingkat pengguna. Anda bisa mendownload aplikasi Opensignal dengan klik di sini.

9. Swift WiFi

Swift-WiFi

Swift WiFi adalah aplikasi gratis lain untuk transmisi data dan mencari titik terbaik di dalam rumah yang memiliki sinyal paling kuat. Swift WiFi juga memungkinkan pengoptimalan daya konsumsi dengan menonaktifkan WiFi dalam kondisi tertentu sesuai dengan jadwal yang sudah Anda buat.

Anda tidak hanya dapat melihat informasi hotspot (kecepatan, alamat IP, dan sebagainya) tapi juga bisa menambahkan titik akses secara manual. Ada widget untuk desktop Anda juga lho, dan Anda dapat mengelola notifikasi langsung dari bilah status.

Antarmuka aplikasi ini tampak stylish dan mudah digunakan, dengan tampilan layar utama adalah daftar WiFi yang tersedia di sekitar Anda.

Ada juga pengaturan lebih lanjut yang dapat Anda gunakan dalam menentukan parameter sinyal, notifikasi saat ada perangkat baru menggunakan WiFi Anda, dan sebagainya. Jika teman Anda juga memiliki aplikasi ini di smartphonenya, Anda juga bisa share file secara langsung. Anda bisa download dari sini.

10. WiFi Overview 360

WiFi-Overview-360

Jika Anda mencari sesuatu di antara fungsionalitas dan desain antarmuka yang layak, WiFi Overview 360 adalah salah satu yang bisa Anda coba.

Aplikasi penguat sinyal WiFi yang dikembangkan oleh Kaibits Software ini akan memberikan statistik terperinci tentang kekuatan sinyal WiFi Anda dalam bentuk diagram yang mudah dipahami. Anda tidak hanya mendapatkan analitik, tapi juga sejumlah fitur yang bisa meningkatkan sinyal WiFi Anda.

Saat Anda melihat detail jaringan WiFi yang terhubung dengan smartphone Anda, Anda akan melihat beberapa informasi yang disebutkan di atas lengkap dengan alamat IP perangkat Anda. Sejumlah fitur lainnya bisa Anda cek sendiri dengan mendownload aplikasinya dari sini.

11. WiFi Radar

WiFi-Radar

Salah satu kelebihan paling menonjol dari aplikasi ini adalah sangat mudah digunakan. Anda hanya perlu klik beberapa tombol yang langsung terlihat dan layar smartphone akan menampilkan beberapa statistik terperinci yang bahkan bisa dengan mudah dipahami oleh orang tanpa latar belakang TI.

Sesuai namanya, aplikasi WiFi Radar membantu menemukan hotspot Wi-Fi gratis hanya dalam beberapa detik saat Anda sedang berada di tempat umum.

Hanya dengan sekali klik, aplikasi akan secara otomatis memulai proses pencarian dan dengan segera menampilkan jaringan WiFi dengan sinyal terkuat plus tanpa password yang bisa Anda gunakan.

Aplikasi ini menampilkan kekuatan sinyal dari berbagai titik Wi-Fi. Artinya, Anda dapat melihat dengan tepat titik WiFi mana yang memiliki sinyal lebih stabil dan kuat. Agar bisa mulai menggunakannya, Anda bisa download aplikasinya dari sini.

12. WIFI Router Booster

WIFI-Router-Booster

Aplikasi ini akan menampilkan keseluruhan penggambaran sinyal WiFi dalam bentuk diagram, yang selanjutnya bisa Anda analisis sendiri titik-titik terlemahnya, apa penyebab lemahnya sinyal tersebut, dan mendeteksi apakah lemahnya sinyal disebabkan oleh perangkat Anda atau jangkauan dari router Anda.

Dengan kata lain, aplikasi bisa mempermudah Anda dalam mendapatkan informasi yang lebih rinci dan jelas tentang mengapa koneksi Anda tidak begitu bagus di titik / ruang tertentu di dalam rumah.

Selain itu, Booster Router WiFi juga akan memberikan laporan kepada Anda tentang jam berapa saja sinyal tersebut lemah dan tentu saja terdapat tools untuk meningkatkan sinyal tersebut semaksimal mungkin. Tertarik untuk mencoba? Maka Anda bisa download gratis aplikasinya dengan klik di sini.

13. WiFi Doctor Free – WiFi Security Check

WiFi-Doctor-Free-WiFi-Security-Check

Jika Anda mengecek satu-satu aplikasi dalam daftar di atas, kemungkinan besar Anda sudah tahu bahwa sebagian besar aplikasi penguat WiFi tidak benar-benar memiliki antarmuka yang rapi.

Semuanya terlihat seperti perangkat lunak teknis yang hanya dimaksudkan untuk menyelesaikan masalah dengan WiFi Anda. Tapi jika Anda termasuk orang yang sangat memperhatikan estetika, maka WiFi Doctor Free adalah aplikasi yang sempurna untuk dicoba.

Anda bisa temukan versi gratis dan resminya dari sini. Setelah aplikasi tersebut terinstall dan pertama kali Anda buka, aplikasi akan memindai semua perangkat yang terhubung ke jaringan WiFi di rumah Anda.

Mulai dari perangkat yang Anda kenal hingga perangkat yang mungkin tidak Anda kenal yang bisa saja menjadi penyebab mengapa sinyal WiFi Anda sering lemot.

WiFi Doctor Free juga bisa menganalisis apakah masalah WiFi Anda yang lambat disebabkan oleh aplikasi lain di smartphone Anda yang terus berjalan di latar belakang.

Fitur berguna lainnya adalah fitur yang bisa membantu Anda untuk menemukan dan menganalisis WiFi publik yang aman untuk digunakan saat Anda sedang berada di luar rumah.

14. IT Tools – Network Analyzer

IT-Tools-Network-Analyzer-scaled

Jika Anda sedang menonton film yang menarik dalam resolusi tinggi tapi WiFi Anda tiba-tiba lemot, atau Anda sedang mendengarkan musik yang benar-benar Anda sukai tapi terjadi buffering karena sinyal yang lemot, maka Anda bisa gunakan IT Tools – Network Analyzer di iPhone Anda dengan klik di sini.

Aplikasi yang dikembangkan oleh Kevin Koltzau ini akan membantu Anda memahami apa yang terjadi dengan koneksi WiFi Anda yang tiba-tiba lemot dalam tampilan diagnostik jaringan standar seperti ping, traceroute, dan pencarian DNS.

Anda dapat memeriksa jaringan Anda pada layanan mDNS yang terhubung termasuk semua data tambahan yang disimpan dalam data TXT. Pilihan lainnya adalah memeriksa sistem untuk perangkat UPnP, termasuk sub-perangkat dan layanan.

Sekarang sudah tahu kan, apa yang harus dilakukan untuk meningkatkan sinyal WiFi di rumah Anda? Ya, dengan mendownload salah satu aplikasi penguat sinyal WiFi dalam daftar di atas. Jadi sekarang di ruang manapun Anda berada saat di rumah, sinyal WiFi bisa tetap stabil.

 

Lihat Juga :